VbQOm8cTeaQ66gqgO2NakxTPshs Indonesian Retail: Standar operasional dan prosedur (SOP)Ritel Modern di Indonesia

September 18, 2011

Standar operasional dan prosedur (SOP)Ritel Modern di Indonesia

Perkembangan usaha eceran modern (ritel modern) di Indonsia, meningkat dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Beberapa nama pelaku ritel asing sudah akrab dan biasa dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Transaksi penjualan nya meningkat terus dari tahun ke tahun dan jumlahnya emungkinan besar akan bertambah lagi ditahun tahun tahun yang akan datang. Perubahan gaya hidup (life style) dan pertumbuhan ekonomi negara kita yang tren nya meningkat menjadi faktor penting dalam perkembangan pasar modern di Indonsia. Menurut data riset AC Nilesen kelas menengah keatas bahkan mencapai sekitar 25 juta orang dari total 220 juta penduduk Indonesia. Para pelaku pasar modern tentunya membidik peluang pasar tersebut. Kalau sebelumnya para ibu rumah tangga berbelanja kebutuhan sehari hari cukup dipasar tradisional, kini berubah ke pasar modern. Hal ini dapat kita lihat langsung dipusat perbelanjaan modern yang selalu ramai dikunjungi oleh para pembeli terutama pada akhir pekan. Sebaliknya pasar tradisional jumlah nya tahun ke tahun semakin menurun. Menurut data APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) minus 10 % per tahun semenjak tahun 1990-an.

Kondisi yang tidak bagus justru terjadi pada peritel tradisional. Mereka hanya akan mendapatkan keuntungan jika selisih harga jual dengan harga beli besar. Akan tetapi untuk kondisi sekarang, hal itu susah dan mustahil untuk dicapai. Barang mereka peroleh tidak lagi dari pemasok atau distributor utama. Sehingga harganya cukup mahal. Tidak ada promotion fee, listing fee atau damage allowance yang mereka dapatkan. Cash flow dari peritel modern bisa diatur sedemikian rupa, karena term of payment nya berkisar antara 15 hari sampai dengan 1 bulan. Bahkan dalam kenyataannya bisa sampai 2 bulan. Artinya jika turn over inventory nya rata rata dibawah 15 hari, praktis si peritel sebenarnya tidak mengeluarkan cash sepeser pun. Karena barang sudah laku, dapat uang cash sementara pembayaran kepada si pemasok belum jatuh tempo. Peritel tradisional justru sebaliknya mereka harus membayar dahulu barang yang akan mereka jual baru setelah itu bisa melakukan belanja barang dagangan lagi. Pada umumnya kondisi pasar tradisional yang ada sekarang (seperti kota-kota besar diJakarta) dikelola dengan tidak baik. Meskipun pasar pasar tersebut telah dikelola oleh pemda, namun sarana prasarananya kurang dan bahkan tidak nyaman untuk berbelanja. Bau kurang sedap dari sampah – sampah yang tidak segera diangkut dan tempat yang becek dan kumuh apalagi datang hujan. Tentunya kondisi ini kurang diminati oleh pembeli apalagi yang datang dari kalangan ekonomi menengah keatas. Investasi dipasar ritel modern yang banyak dilakukan oleh investor asing adalah sangat penting apalagi pemerintah sedang giat-giatnya mengundang investor asing masuk ke Indonesia.

E -book SOP Ritel Modern ini membahas aspek pengelolaan operasional sehari –hari suatu pasar modern khususnya dalam format Hypermarket, namun penggunaannya bisa disesuaikan untuk ukuran format ritel yang lebih kecil seperti supermarket dan minimarket.

E book ini membahas secara detail pengelolaan ritel sehari-hari mulai dari staf, SPV, dan level manager dan customer service. Buku ini juga membahas tugas tanggungjawab masing-masing bagian, standar tugas dan pengelolaan operasional sehari-hari. Buku ini ditujukan untuk para pelaku ritel sehingga mereka bisa lebih effektif dan effisien dalam operasional sehari-hari, peneliti bisnis dalam upaya memperbaiki mekanisme dan metoda pengelolaan bisnis ritel, akademisi dalam upaya memperkaya dan jadi bahan penelitian manajemen ritel dan khalayak umum dalam rangka memperkaya pengetahuan tentang bisnis ritel dan sebagai referensi dalam pengambilan keputusan para pihak yang berkepentingan. Bahan penyusunan SOP ini disusun berdasarkan praktik bisnis yang sudah teruji, di Indonesia, jadi bukan semata-mata merujuk pada text book atau praktik bisnis ritel di luar negeri.

Jika anda berminat….e-Book ini dapat dipesan dengan harga Rp 100.000, silahkan hubungi nomer 081317500527 atau email: edoswd@gmail.com

No comments:

Post a Comment