VbQOm8cTeaQ66gqgO2NakxTPshs Indonesian Retail: Lotte Grup Take Over 19 outlet of Makro Indonesia

May 4, 2010

Lotte Grup Take Over 19 outlet of Makro Indonesia

JAKARTA--MI: Lotte Grup, kelompok usaha asal Korea Selatan yang bergerak di sektor distribusi, makanan dan minuman, serta bahan kimia berat, telah mengambil alih 19 gerai Makro Indonesia dan mengubah logonya menjadi LOTTEMART WHOLESALE mulai 14 April 2010.

Perubahan logo akan dilakukan bertahap dimulai dengan perubahan logo Makro yang terletak di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Kemudian diikuti gerai Makro di Jakarta dan Bandung pada 19 April, Jawa dan Bali 26 April, Jawa Tengah 3 Mei, dan Sumatra 11 Mei. Direncanakan, 19 gerai tersebut selesai berubah nama pada 21 mei 2010 yang diakhiri oleh gerai di Sulawesi dan Kalimantan.

Perusahaan yang saat ini menempati posisi keenam terbesar di perputaran roda bisnis Korea tersebut juga berencana untuk membuka 30 gerai barunya di Indonesia dalam lima tahun ke depan. "Kami akan berkomitmen untuk membuka empat gerai lainnya di tahun ini dan 30 gerai baru dalam lima tahun ke depan dengan konsep hypermarket modern," ungkap Moon Young-Pyo, Presiden Direktur Lottemart Wholesale, di kantor pusat Lottemart Wholesale Indonesia, Pasar Rebo, Jakarta, Rabu (14/4).

Sejak November 2008, Lottemart telah mengambil alih 100% saham PT Makro Indonesia. Namun, Moon menyatakan bahwa Lotte Wholeshale tidak akan mengubah konsep dasar dari Makro Indonesia sebagai pemain utama bidang perkulakan di Indonesia dan tetap memfokuskan pada pelanggan korporasi (HORECA yakni Hotel, Restaurant, Catering, UKM, penyedia jasa).

Meskipun demikian, perusahaan juga akan melayani pelanggan individual di masing-masing gerai. Saat ini, pelanggan korporasinya meningkat 15% yaitu sebesar 1.300 orang dari sebelumnya pada 2008 sebanyak 1.200. Omzet penjualan juga meningkat sebesar 20% per tahun sejak 2008.

Konsep bisnis yang dikembangkan perusahaan yang namanya terinspirasi dari tokoh Charlotte dalam novel karya Goethe tersebut adalah sebagai pusat perkulakan Lottemart Wholesale dan pusat perbelanjaan modern Lottemart (ritel). "Penggabungan dua konsep bisnis ini akan menjadi tren baru di pasar modern," katanya. Dalam upaya melaksanakan program tersebut, Lotte Grup berencana melakukan investasi sedikitnya US$860 juta melalui afiliasinya, LotteMart.

Perubahan tersebut tidak hanya ditekankan dalam hal logo. Moon mengungkap bahwa akan diadakan perubahan besar, di antara lain kehigienisan toko, tata letak toko, pintu masuk, display toko, hanging bannner, promotion display, hingga seragam pegawai. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pelayanan terhadap pelanggan-pelanggan yang selama ini setia kepada Makro. Di samping itu, Lottemart juga akan mengubah private brand mereka seperti ARO dan Savepak yang berubah menjadi Lottemart. (*/OL-04)

http://www.mediaindonesia.com/read/2010/04/14/136015/21/2/Lotte-Grup-Ambil-Alih-19-Gerai-Makro-

No comments:

Post a Comment